Seorang Warga Gunung Tugel Terbakar & Meninggal di Lahan Tebu

Bantaran - Sungguh malang seorang warga Gunung Tugel Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo Meninggal dunia dengan luka bakar di sekujur tubuhnya, pada Kamis sore 30 Juli 2020 di dusun Krajan, RT 04 RW 01 atas nama Tiham Tinar Usia 77 Tahun. Korban ditemukan di lokasi sisa lahan tebu yang terbakar.

Foto :  Korban yang Terbakar


Menurut Hartono yang berada di lokasi kejadian, menjelaskan salah satu penyebabnya adalah banyaknya asap yang terhirup dari sisa daun tebu yang korban bakar, sehingga menyebabkan pusing dan tak sadarkan diri. Karena dalam keadaan tidak sadar ya tidak Bisa meninggalkan lokasi tersebut, pungkasnya.


memang masyarakat disini sudah biasa melakukan pembakaran sisa lahan tebu yang sudah selesai panen, untuk persiapan proses tanam berikutnya.


Kusumo Wardono Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo menjelaskan, Zat yang terkandung dalam Asap Kebakaran, salah satunya adalah :


Karbondioksida (CO2), Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NO), Sulfur dioksida (SO2)

Partikel padat yang disebut sebagai particulate matter (PM) yang beterbangan dalam abu asap kebakaran.

Zat kimia sebagai hasil sisa pembakaran seperti Akrolein, formaldehida, Benzene, dan Dioksin

Komponen tersebut dapat menimbulan dampak yang bersifat langsung sehingga kebutuhan Oksigen otak kita tidak terpenuhi, terang Kusumo.


Penulis & Editor : Dhin

Komentar