Angin Gending Meningkatkan Resiko Terjadinya Kebakaran




Probolinggo - Memasuki Musim Kemarau dan Musim angin grafik  Kebakaran meningkat, terlihat dari grafik tahun 2019 lalu, antara bulan Mei Hingga Bulan Desember terjadi Sekitar 70 Kali Laporan Kejadian Kebakaran. Biasanya terjadi antara bulan Mei hingga Desember penyebabnya salah satunya yaitu karena Panas dan Angin, biasanya masyarakat menyebutnya "Angin Gending" angin yang ada di daerah jawa timur yang mempunyai kecepatan tinggi, mempunyai sifat kering dan membahayakan karena mampu menumbangkan pepohonan. Angin Gending mempunyai kecepatan 45/km perjam sehingga perlu diwaspadai ketika angin ini berhembus sangat kencang jangan melaut bagi para nelayan dan pengendara sepeda motor di jalan pantura hati-hati karena bisa menyebabkan kecelakaan akibat hembusan angin yang sangat kencang tersebut.

Angin Gending hanyalah sebuah penamaan saja yang sudah terkenal di daerah jawa timur, dari beberapa sejarah pengambilan nama angin gending diambil dari nama suatu desa atau nama kecamatan yang berada di kabupaten probolinggo yaitu desa "Gending Kec. Gending Kab. Probolinggo".

Di Probolinggo selalu berhembus angin gending setiap musim kemarau yang sangat kencang dan kering yang menimbulkan ombak tinggi dan pada malam harinya suhu menjadi sangat dingin dan ini juga terjadi di daerah sekitar jawa timur.

Komentar