Handsanitizer Bisa Memicu Terjadi Kebakaran

Gambar ilustrasi Mobil Parkir Terbakar

Humas Damkar - Masa Pandemi Covid-19 Membuat sebagian besar masyarakat mulai mengubah kebiasaannya, terutama dalam hal kebersihan.

Hal ini terlihat pemilik mobil rata-rata selalu membawa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan meletakkannya di kabin mobil.
Tujuannya tentu saja untuk membersihkan tangan usai berkendara atau melakukan aktivitas lain.

Walaupun  pemerintah menyarankan untuk melakukan aktivitas tersebut sesuai Protokol Kesehatan, akan tetapi harus memperhatikan keselamatan tentang Kebakaran juga.

Perlu diketahui, ada bahaya tersendiri bagi pemilik mobil yang suka menyimpan atau meletakkan hand sanitizer di dalam kabin. Hal ini penting untuk diwaspadai agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Hal ini lantaran adanya kandungan alkohol pada cairan Handsanitizer tersebut yang bisa berbahaya saat terpapar suhu kabin yang panas.

"Semua sanitizer yang mengandung alkohol, kami peringatkan untuk tak ditinggalkan di area yang terkena matahari langsung, atau di dalam mobil, karena bisa memicu kebakaran,"

Disaat kabin Mulai mencapai ( Flash Point) titik panas lantaran mobil dijemur langsung di bawah sinar matahari, maka Alkohol yang tergolong di Klasifikasi Kebakaran kelas B sangatlah beresiko terbakar.
Untuk itu kebiasaan tersebut untuk lebih di hindari.

Komentar